Favorit Peserta Kartu Prakerja: Pelatihan Bahasa Inggris

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, menyatakan bahwa program Pelatihan Bahasa Inggris jadi salah satu materi favorit penerima manfaat kartu prakerja.

Pelatihan Bahasa Inggris Jadi Favorit Peserta

“Kami mendapatkan video testimony, mayoritas suka belajar Bahasa Inggris. Baik grammar maupun TOEFL,” katanya dilansir dari CNN Indonesia dalam video conference hari Rabu (29/4). Denni juga menjelaskan bahwa harga program Bahasa Inggris juga beragam, mulai dari Rp. 24 ribu sampai dengan Rp. 1,5 juta. Denni juga menyatakan bahwa sampai tadi malam jumlah pendaftar kartu prakerja sudah mencapai angka 8,6 juta orang.

“Saya berbesar hati karena jumlah ini luar bisaa. Ini program diketahui akses dapat sangat mudah,” ungkapnya.

Diketahui bahwa pemerintah mulai membuka pendaftaran gelombang pertama pada hari Sabtu (11/4) sampai dengan Kamis (16/4) jam 16.00 WIB. Jumlah peserta yang lolos masuk pada gelombang pertama yaitu sebanyak 168.111 orang. Dan sejauh ini, mitra pembayaran dalam Program Kartu Prakerja ini adalah BNI, OVO, Gopay, dan Link Aja. Sedangkan platform digital terdiri dari Tokopedia, Mau Belajar Apa, Ruangguru, Pijar Mahir, Sekolahmu, Pintaria, Bukalapak dan pelatihan.kemnaker.go.id.

Sebagai informasi saja, pemerintah bakal menyalurkan kartu prakerja ini pada 5,6 juta penduduk yang terdampak pemutusan hubungan kerja atau PHK dan pekerja informal yang pendapatkannya tertekan karena penyebaran virus corona ini. Setiap peserta yang lolos bakal mendapatkan total insentif bantuan pelatihan sampai dengan Rp. 3.55 juta. Dan dana tersebut terdiri dari biaya pelatihan yaitu sebesar Rp. 1 juta, kemudian insentif pasca pelatihan sebanyak Rp. 600 ribu per bulannya selama empat bulan dan insentif survey sebanyak Rp. 50 ribu untuk tiga kali.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang III akan ditutup Kamis (30/4)

Pemerintah menyatakan bahwa mereka bakal menutup pendaftaran program kartu prakerja gelombang III ini pada hari Kamis (30/4) jam 16.00 WIB. Denni juga menyatakan bahwa para pendaftar dapat mencoba peruntungannya utnuk masuk ke gelombang III ini sampai dengan esok hari. Pendaftar juga melakukan pendaftaran kapan saja karena prosesnya dibuka sampai 24 jam non-stop.

“Untuk gelombang II ditutup hari Kamis jam 16.00 WIB. Diketahui bahwa pendaftaran 24 jam, kalau gagal terus coba sahur pas lagi sepi dan yang beum diterima masih bisa coba di batch 3, 4 dan seterusnya,” ungkapnya lagi lewat sambungan video conference hari ini, Rabu (29/4).

Ia juga mengatakan bahwa menjelang penutupan pendaftaran ini jumlah masyarakat yang mendaftarkan diri masih antusias dan masih tergolong banyak. Dari data yang dimilikinya saja, per 28 Maret 2020, jumlah pendaftarnya sudah mencapai 8.6 juta orang. Sedangkan baru dua gelombang kelompok yang sudah dinyatakan lilis dan bisa menerima pelatihan online itu. Rinciannya gelombang 1 ada 168 ribu orang dan gelombang 2 ada 288 orang yang sekarang masih menerima konfirmasi melalui SMA.

Denni juga mengatakan bahwa pemerintah terus merekrut gelombang baru per minggunya sehingga mereka yang belum mendapatkan konfirmasi tak perlu merasa kecil hati. artinya adalah mereka yang sudah mendaftarkan namanya pengeluaran hk 2020 namun belum juga menerima pesan singkat konfirmasi itu tak perlu mendaftarkan ualng. Ia berkata bahwa sepanjang proses pelatihan digelar, program ketrampilan Bahasa Inggris jadi salah satu materi favorit para peserta.

Diketahui program Presiden Jokowi ini menyasar sebanyak 5,6 juta orang saja.