4 Film Hasil Remake Yang Gagal Mengulang Kesuksesan Sebelumnya

Dalam beberapa tahun terakhir para sutradara-sutradara Indonesia ramai memproduksi film remake dari film lama. Para sutradara tanah air mungkin ingin mengulang kembali kesuksesan film di zaman dulu ke zaman ini. Dan hasilnya, film hasil remake ini ada beberapa yang berhasil tapi ada juga yang kurang mendapat perhatian masyarakat. Contoh film remake yang sukses menggaet banyak penonton ada Pengabdi Setan yang dirilis pada tahun 2017 dan Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss yang dirilis pada tahun 2016.

2 Film Remake Indonesia Gagal 2011 dan 2016

Meskipun ada yang sukses, tapi juga ada beberapa film hasil remake yang gagal. Berikut adalah beberapa film hasil remake yang gagal popular di tahun 2011 dan 2016;

Catatan Harian Si Boy – 2011

Cerita boy dan kawan-kawan sudah lama digandrungi oleh para remaja Indonesia disekitar tahun 80-an. Tokoh boy begitu dianggap sempurna, bahkan ditahun 1987, tipe ideal para wanita adalah seperti sosok boy ini yang sukses diperankan oleh Onky Alexander. Dan untuk mengulang kesuksesan yang sama, film ini diremake ulang oleh Putrama Tuta.

Sangat disayangkan, ternyata film remake Catatan Harian Si Boy ini, tidak berhasil mengulang kesuksesan dizaman dulu. Menurut orang-orang film ini gagal memunculkan sosok ikonik boy. Film ini pun akhirnya gagal popular karena tertutup oleh film lainnya. Kalau dilihat dari segi cerita, alurnya ternyata tidak sejelek yang dibayangkan.

Hantu Jeruk Purut Reborn – 2016

Pada tahun 2006, film Hantu Jeruk Purut sempat booming di Indonesia. Meski film ini tidak terlalu mendapat kritik positif, tapi dengan adanya film ini, menjadi tren untuk industri perfilman Indonesia dalam mengangkat tema cerita hantu legenda itu. Kisah hantu tersebut juga terkenal dikalangan masyarakat, tentang arwah pastur tanpa kelapa yang kerap bergentangan di pemakaman umum Jeruk Purut, Jakarta.

Dan 10 tahun kemudian, film Hantu Jeruk Perut ini diremake ulang. Sayangnya, kesuksesan film Hantu Jeruk Purut ini tidak terulang seperti pada tahun 2006. Justru, banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa film Hantu Jeruk Perut ini diremake. Meski ceritanya juga sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman bandar togel online saat ini, faktanya penontonya tidak sampai menyentuh angka 50 ribu orang.

2 Film Remake Indonesia Gagal 2017 dan 2018

Di tahun 2017 dan 2018, ada juga dua film remake yang gagal, yakni;

Jomblo – 2017

Film Jomblo ini pernah sukses di Indonesia, yaitu sekitar tahun 2006. Bahkan, berkat film ini juga, aktor Christian Sugiono, Ringgo Agus Rahman, Dennis Adhiswara dan Rizky Hanggono lebih dikenal oleh masyarakat. Lalu pada tahun 2017, Hanung Bramantyo melakukan remake pada film ini, tapi ternyata respon masyarakat kurang baik. Masyarakat menilai tokoh utamanya tidak mirip juga premis cerita ini yang berbeda dari sebelumnya.

Benyamin Biang Kerok – 2018

Benyamin Biang Kerok ini merupakan film zaman dulu yang sangat popular dan sukses di zamannya. Lalu ditahun ini, 2018 Falcon dan Hanung Bramantyo berusaha mengulang kembali kesuksesan tersebut seraya bernostalgia kemabli. Film yang sempat digadang-gadang akan sukses besar ini nyatanya justru gagal total. Usaha Reza Rahardian dan kawan-kawan untuk mensukseskan film ini kurang disambut baik oleh masyarakat.

Dalam film aslinya, Benyamin Biang Kerok tidak hanya menampilkan komedi saja, tetapi juga sarat akan isu-isu sosial dan nilai moral. Dan dalam film remakenya hal tersebut tidak dimunculkan. Parahnya lagi, ada beberapa komunitas Betawi yang menggugat film ini dan tidak sedikit para kritikus film memberi nilai rendah pada film Benyamin Biang Kerok ini.