Tampil Lebih Kelam, ‘MOWGLI’ Rilis 19 Oktober 2018

Cerita Mowgli sang bocah hutan yang hidup di belantara dan disayangi para binatang dalam The Jungle Book memang begitu membius banyak orang. Secara turun-temurun, sosok Mowgli selalu dikisahkan banyak orang tua dengan cara menyenangkan. Bahkan akhirnya Disney pun turun tangan menggarap kisah adaptasi buku karya Rudyard Kipling itu dua tahun lalu lewat THE JUNGLE BOOK.

 

Hasil yang diraih THE JUNGLE BOOK pun bisa dibilang sangat menggembirakan. Diarahkan oleh sutradara IRON MAN (2008), Jon Favreau, THE JUNGLE BOOK menggandeng Idris Elba, Lupita Nyong’o, Scarlett Johansson dan Bill Murray. Dari peredarannya di seluruh dunia, THE JUNGLE BOOK mampu membuat petinggi Disney tersenyum lebar karena meraih box office global mencapai USD 996 juta (sekitar Rp 13,6 triliun).

 

Dengan kesuksesan THE JUNGLE BOOK, Warner Bros jelas punya beban berat apakah MOWGLI yang siap dirilis 19 Oktober 2018 itu bakal mengikuti langkah serupa. Namun melihat jajaran pemain yang ada, MOWGLI tampaknya cukup menjanjikan. Pemeran Mowgli jatuh kepada aktor muda keturunan India, Rohan Chand.

 

Beberapa aktor dan aktris yang sudah memastikan diri bergabung di proyek MOWGLI adalah Benedict Cumberbatch, Christian Bale, Andy Serkis dan Cate Blanchett. Apakah MOWGLI bakal bisa mengikuti jejak kesuksesan THE JUNGLE BOOK? Semua bakal terjawab pada pertengahan Oktober nanti.

 

Andy Serkis Jadi Sutradara ‘MOWGLI’

 

Ada yang cukup berbeda dari proyek MOWGLI. Di mana sosok Serkis yang selama ini dikenal sebagai aktor motion-capture atau mo-cap, duduk di bangku sutradara. Sekedar mengingatkan, nama Serkis memang sangat identik sebagai aktor mo-cap semenjak dirinya berperan sebagai Smeagol si Gollum dalam franchise sukses THE LORD OF THE RINGS dan THE HOBBIT. Dalam sebuah wawancara, Serkis tak menampik kalau setelah menjadi Smeagol, dirinya memang memfokuskan diri untuk penggarapan WOWGLI.

 

Sebagai sutradara dan aktor mo-cap, Serkis pun mengubah Cumberbatch, Bale dan Blanchett jadi binatang-binatang teman Mowgli di hutan. Bale menjadi Bagheera si macan hitam yang baik dan dirinya menjadi Baloo si beruang. Baik Bagheera dan Baloo adalah sahabat Mowgli sementara Cumberbatch akan jadi harimau sang penguasa hutan bernama Shere-Khan. Pengalaman Cumberbatch sebagai si naga Smaug dalam THE HOBBIT: DESOLATION OF SMAUG (2013) membuat Serkis menilainya sebagai pilihan tepat sebagai Shere-Khan, musuh Mowgli yang berbahaya dengan cacat yang menimbulkan kesan seram.

 

Warner Bros Usung Kisah Berbeda Dari Disney

 

Beberapa hari lalu, Warner Bros pun akhirnya merilis trailer untuk MOWGLI. Seperti janji Serkis, MOWGLI memang akan tampil berbeda dari THE JUNGLE BOOK karena mengusung kisah lebih kelam. Ditulis oleh Callie Kloves, Mowgli diceritakan sebagai bocah manusia yatim piatu yang tumbuh besar di hutan. “Ini bukan dongeng anak-anak, tapi benar-benar nyata. Kisahnya ditarik dari Kipling dan memiliki pendekatan yang jauh lebih gelap. Tak aka ada bintang menari-nari dalam cerita, itu sudah pasti,” tegas Serkis.

 

Lewat trailer berdurasi 2,5 menit itu, Mowgli tampak putus asa dan terkurung di dalam kandang kayu. Hingga akhirnya Bagheera si macan hitam berbicara padanya mengenai cara bertahan hidup supaya bisa dibebaskan. Bahkan Bagheera bursatogel meminta agar Mowgli untuk sementara tinggal di desa karena hutan tengah tidak aman untuknya. Adegan lain juga memperlihatkan bagaiman Mowgli diserang sekelompok monyet dan bebas dari kurungan.