Christian Gonzales dan Bambang Pamungkas Akan Pensiun Akhir 2018?

Dalam dunia sepakbola Indonesia, sosok Christian Gonzales alias El-Loco dan Bambang Pamungkas alias Bepe sama-sama luar biasa. Selama kariernya di sepakbola. baik Gonzales dan Bepe mampu membuat klub yang mereka perkuat mencetak hasil maksimal. Kini dengan usia Gonzales sudah menginjak 41 tahun dan Bepe mencapai 37 tahun, rumor ramai menyebutkan kalau mereka berdua akan segera pensiun di penghujung Liga Indonesia musim 2018.

 

Bahkan Gonzales yang kini tengah memperkuat Madura United usai hengkang dari Arema FC itu sedang disibukkan dengan kursus kepelatihan lisensi C AFC di Sawangan, Depok. Dilansir SuperSkor, Gonzales angkat bicara, “Klub saya memberikan dukungan penuh. Sebentar lagi mungkin saya pensiun sebagai pemain sepakbola. Setelah itu saya ingin menjadi pelatih untuk menghasilkan pemain yang bagus bagi Indonesia. Tantangannya tentu tidak mudah, akan tetapi dengan keyakinan, tekad yang kuat dan kerja keras, ini bisa dilakukan. Sepakbola Indonesia punya potensi yang sangat besar jadi kita harus bersama-sama membangun Bursatogel dan membesarkannya.”

 

Sebagai seorang pemain, Gonzales memang luar biasa. Sudah merumput di Indonesia sejak tahun 2003, pria kelahiran Uruguay yang memilih jadi WNI ini sudah empat kali menjadi top scorer Liga Indonesia. Gonzales sukses mencetak 191 goal sepanjang kariernya di Indonesia selama 14 tahun terakhir. Hanya saja spekulasi jika Gonzales akan pensiun tahun ini justru dibantah oleh istri sekaligus manajkernya, Eva Siregar.

 

“Tidak benar Gonzales ingin pensiun. Kami kan diminta oleh Pak Ketua (PSSI, Edy Rahmayadi) untuk ambil lisensi. Kami berjaga-jaga kalau diminta bantu di Timnas Indonesia untuk jadi motivator. Jadi, kami terima tawaran itu selagi ada kesempatan. Sama sekali tidak ada hubungannya bahwa Gonzales ambil lisensi karena ingin pensiun. Jadi, ini hanya sebagai bekal di masa depan saja, bukan berarti Gonzales ingin pensiun. Tidak benar akan segera pensiun. Dia ambil lisensi juga mendapat dukungan dari Madura United dan Arema FC,” tutup Eva kepada Tribun News.

 

Bepe Siap Pensiun Jika Persija Juarai Liga Indonesia

 

Berbeda dengan Gonzales, Bepe justru tampaknya masih menikmati kariernya di Persija.Bepe sudah gabung di Macan Kemayoran sejak tahun 1999 meskipun sempat berpindah ke EHC Norad, Selangor FA dan Pelita Bandung Raya. Melalui wawancaranya dengan Detik, Bepe menyebut jika dia sudah empat kali ditanya perihal pensiun dalam kurun waktu empat tahun. Suami dari Tribuana Tungga Dewi itupun angkat bicara.

 

“Kebetulan memang teman-teman seangkatan hanya tinggal dua (yang masih bermain). Tinggal saya dan Ismed Sofyan. Seperti saya bilang, kalau misal Persija juara, mungkin ini menjadi tahun terakhir saya. Saya bisa pensiun kapan saja karena bermain dengan hati. Jadi tergantung hati, kapan istirahat dan masih bermain. Jadi saya belum bisa mengatakan, apakah pasti. Setidaknya masih ada kontrak setahun dan saya hormati. Apakah akhir musim berhenti atau pindah dan berperan menjadi orang lain di Persija, lihat nanti,” tutur Bepe.

Ponaryo Astaman Usai Pensiun Jadi Pelatih

 

Sementara itu rekan timnas Bepe yakni Ponaryo Astaman justru sudah mengumumkan gantung sepatu di akhir musim 2017. Pria berusia 38 tahun itu bahkan resmi ditunjuk Borneo FC untuk jadi pelatih tim pelapis Borneo FC untuk berlaga di Piala Presiden 2018 bersama mantan pemain timnas lainnya, Kurniawan Dwi Yulianto. Tak main-main, Ponaryo bahkan mengantongi lisensi A AFC sebagai pelatih.